17
Mar
09

Pisang Story

Ada yang tahu pasaran harga pisang sekarang berapa?

Ini terjadi ketika kemarin habis makan siomay ikan yang katanya enak di pinggiran Tirtayasa, belum sempet kenyang banget mampir lah ke Total, toko buah yang lumayan kumplit dan fresh.

Pengennya sih beli macem-macem, Tipco juice , duren montong, kripik, es potong, dsb. Cuma ternyata emang dari awal ga niat bawa dompet n cuma pegang selembaran 20 dan 10 an doang.

Pisang! Prioritas utama.

Nah, kalau ada yang pernah ke Pasar Palmerah atau mungkin Pasar Minggu, mungkin tau harga pisang. Itu pun tergantung pula jenis pisang apa yang mau di beli.

Puter-puter, perbendaharaan jenis pisang di kepala ternyata cuma sedikit. Dari bentuk cuma bisa kira-kira doang, Akhirnya memutuskan untuk tanya; “mas, ini pisang apaan sih?”

“Pisang Barangan”, katanya.

Hmm..pisang apaan lagi tuh. So, Kenapa pisang jadi sangat spesial? Yah pisang emang jenis buah yang paling dekat sama kita. Dari kecil pun pasti kita udah disodori pisang sama ibu kita. Sampai tua pun pasti tetap akan makan pisang. Tua, Muda, Pria, Wanita, semua suka pisang. Lagi-lagi, tergantung dari apa jenis pisangnya. Mungkin ada yang mau nambahin?

  1. Pisang Ambon; gak tau kenapa diberi nama ini. Konon mungkin ada pisang Palembang atau Pisang Australia. Atau mungin di Ambon banyak yang mirip sama pisang ini (entah apanya).
  2. Pisang Tanduk; mungkin bentuknya yang mirip tanduk kali ya.
  3. Pisang Kepok; pasti awalnya jadi bahan baku pisang goreng. Tapi sebelum digoreng, cara kupas nenek-nenek jaman dulu dengan di kepok-kepok.
  4. Pisang Mas; lha ini, kalo tadi ada Pisang Ambon, ini ada lagi pisang Mas. Kenapa gak ada Pisang Mbak aja ya, pasti lebih menarik dari segi marketing. Atau Pisang Abang. Bakal jadi laris keras.
  5. Pisang Susu *hmm, ada yang lucu kalo denger jenis ini*
  6. Pisang Barangan; nah, ini mas mas di Total aja gak bisa jawab kenapa dikasih tau nama seperti ini.
  7. Pisang Hijau; Konon ini cuma “gimmick” dan akal-akalan dari produk pisang aja. Alias pisang musiman. Terutama sejak digembar-gembornya kampanye Global Warming, apa-apa sekarang banyak ke arah eco friendly dengan embel-embel “hijau (green)” dibelakangnya. Mulai dari perumahan, mal, sampai kendaraan. Kini pisang juga jadi alat. Apalagi jaman kampanye PilPres 2009. Mungkin mereka juga akan jual Pisang Biru, Pisang Merah, Pisang Kuning, Pisang Rakyat, Pisang Perjuangan, dsb.
  8. Pisang Lilin; bentuknya yang rapih satu sisir serta kulitnya yang licin dan mengkilat. Yang jelas jenis ini gak bisa nyala saat PLN menggilir kita semua.
  9. Pisang Seribu; Yang jelas gak mungkin harganya 1.000 per sisir nya. Ini mungkin pertama kali tumbuh di Kepulauan Seribu kali ya ketika VOC mendarat di Sunda Kelapa?
  10. Pisang Siam; jelas, dari nama sudah keliatan.
  11. Pisang Raja; naaah, ini. Harus di “probing” lagi antara Pisang Ambon, Pisang Raja. Kenapa bisa identik dengan nama seperti ini. Apa semua Raja dulu doyan pisang jenis ini. Atau khusus dijadikan sesaji dan persembahan buat Raja Sriwijaya atau Prabu Majapahit. Atau mungkin ada salah satu barang atau kepunyaan raja yang mirip pisang jenis ini. Tidak ada yang tahu pasti.

Nah bayangin, betapa banyak jenis ternyata. Belum lagi hasilnya yang bisa jadi macem-macem; pisang rebus, pisang goreng, pisang bakar, pisang panggang, pisang sale, pisang kolak, pisang molen, pisang aroma, juice pisang, susu kocok pisang (banana milkshake), kripik pisang, es pisang, banana split, lepet pisang, pie pisang, roti pisang, lumpia pisang, brownies pisang, sampai sayur pisang dan banyak lagi.

Selamat berpisang ria !

.

-Dee-

Trivia Quiz: “berapa rata-rata harga pisang 1 sisir nya?”


0 Responses to “Pisang Story”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: