12
Apr
08

8 habits to Help Prevent Global Warming

*the inconvenience truth*

.

Ngerasa ga sih, beberapa minggu belakangan ini cuaca nya Jakarta sangat gak bersahabat? Coba deh, pernah 2 minggu lalu siang panaaaas banget, dan minggu belakangan malah lebih kacau, siang panas, malem hujan. Padahal ini harusnya udah April dan masuk ke musim kering.

.

Well, konon itu semua gara-gara "Global Warming". Kalo udah pernah nonton DVD nya Al Gore (Vice President of The USA) *yang baru aja dapet hadiah Nobel karena mengusung kepedulian tentang pemanasan global*, disana keliatan banget gimana Bumi makin rusak. Dan sedihnya, justru kita(ya K-I-T-A! kamu + saya) yang ngerusak system ini.

Kalo mau detail, mending liat sendiri deh itu DVD. Cari or pinjem dari temen! You’ll find how we have contribute to destroy our beloved blue planet. Disana digambarin bahwa;

1. Lapisan Ozon kita udah gak bisa mem-filter sinar Matahari, sehingga Bumi makin panas.

2. Daerah es di bagian utara dan selatan udah mencair dan mulai banyak hilang.

3. Malah, baru pertama kali sejak beradab-abad ditemukan ada Beruang Kutub yang mati hanyut! Yup, mati kelelahan n tenggelam karena di gak bisa menemukan lapisan es yang rada solid untuk mendarat! *creepy huh*.

4. Puncak-puncak gunung es di pegunungan-pegunungan tinggi udah mulai hilang, cair dan gak akan ditemuin lagi.

5. Danau terbesar di Afrika dan Rusia *konon danau ini bisa memeri harapan hidup manusia disekitar yang kekeringan*, tapi sekarang danau itu hilaaaang! Hiiiy

6. Populasi manusia yang melonjak besar sejak tahun 2000, dan akan mencapai 9 Milyar Manusia. Disana dibilang bahwa untuk mencapai Populasi sejumlah tersebut diperlukan waktu 10.000 Generasi! Sementara sekarang cuma beberapa tahun aja. Itulah kenapa sebabnya Bumi makin rusak. Ya gimana nggak, lha wong beban yang di tanggung bumi tiba-tiba melonjak 10.000 generasi!

7. Ini yang mengerikan; kalau kita gak berbuat sesuatu.. paling cepat 10-50 tahun dari sekarang, Bumi bakal pecah!!! Hiiyyyy..

.

Yah gimana nggak, kalo di liat aja di Jakarta; gak ada taman, semua hijau-hijauan di babat diganti apartemen atau mal, pohon malah ditebangin dengan alasan udah tua, semua orang pake mobil pribadi, motor pada ga dirawat n jadi banyak asep, bus kota emisinya gak di kontrol, daerah pinggir dijadiin ajang produksi polutant, semua rumah sekarang pake AC. Tau gak sih seberapa pengaruh semua itu bisa ngerusak Ozon? Pernah malah suatu sore Jakarta diguyurrrr hujaan..guedeeeee banget! Cuma anehnya, di langit keliatan Sunset yang buagus n ceraaah banget! Fenomena yang jarang.

.Sunset_copy

Emang sih kalo buat orang percaya, Bumi kita ini harus berakhir. Harus kiamat. Everything made to be broken. Tapi paling nggak, kita bisa melestarikan Bumi buat generasi kita kan, anak-anak kita or keponakan kita. Gak pengen apa paling gak anak or keponakan kita ngerasain Bumi?

.

Susah dan juga gampang emang! Tapi kalo kata orang; "Together we can make diference".

"Ngomong seh gampang Dim, lha elu sendiri apa yang udah lo lakukan?" Well, that’s why gw peduli. Gw mulai dari yang paling gampang dan paling kecil. Semua orang pasti bisa ngelakuin apa yang udah gw lakuin, misal:

1. Berhenti Rokok. Selain menyehatkan, gaya, dan keren, kita bisa menyelamatkan Bumi dari karbondioksida yang dihasilkan.

2. Rumah gw gak pake AC. Ganti dengan kipas angin. Selain hemat energi, juga ramah banget sama lingkungan.

3. Gw ganti moda transportasi gw ke yang lebih ramah lingkungan dan efisien, lagi efektif. Euro approved neh😉

4. Tanem pohon depan rumah.

5. Lampu kamar mandi gw udah 1 tahun gak pakai listrik.

6. Buat event / acara party yang ramah lingkungan dan bisa contribute sumthing (sekecil apapun) untuk lingkungan.

7. Listrik semua pake CFL. Hemat 70%, lebih terang, dan gak panas.

8. Kulkas jauh dari kompor/boiler/heater dsb. Itu berpengaruh banyak ternyata! Karena dia bisa mendinginkan tanpa perlu energy banyak.

9. Menyalakan hanya 2 lampu (CFL tentunya) kalo malam-malam harus meninggalkan rumah.

10. Sebisa mungkin gunain YM / Telp untuk meeting n koordinasi. Daripada harus pindah-pindah pake kendaraan.

.

Hal yang paling gampang untuk bisa contribute adalah, dengan melakukan 8 Habits yang berguna:

1. Unplug your charger after charging.

2. Drive Less & Drive Smart. Less driving means fewer emissions.

3. Reduce – Reuse – Recycle whenever you can.

4. Change your regular light bulbs into Compact Flourescent Light.

5. Turn off lights and only use as much as light u need.

6. Switch to Green Power n use Bio Fuel.

7. Plant trees next to your home. Start digging !!

8. Share this list to your friends.

.

-dee-

Happy Earth Day. Let’s save the Earth, together we can make a difference !


1 Response to “8 habits to Help Prevent Global Warming”


  1. April 13, 2008 at 20:47

    wuah setuju banget tuh bos..
    tapi kalo bole komen-komen dikit:
    – buat “orang percaya” bumi ini harus berakhir/ kiamat= yup betulz…tapi…

    – “everything made to be broken”=nope.., karena again as “orang percaya”, kita harus berTANGGUNG JAWAB untuk segala yang ada di bumi (Ibr 4:13)..Jadi jangan smpe statement ini jadi “precedent” untuk org percaya ga btgjwb atas bumi ini..

    – gitchu bos.. “complete authority from above” cia yo..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: